Polda Metro Jamin Hak Habib Rizieq Selama Jalani Pemeriksaan Tersangka

0
136

 

Bukatutup.net-Habib Rizieq Shihab sudah menyerahkan diri dan menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. Aparat kepolisian pun memastikan telah memenuhi hak-hak pimpinan ormas FPI tersebut selama menjalani pemeriksaan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, hak-hak yang diberikan tersebut di antaranya mulai dari waktu salat hingga makanan telah diberikan penyidik.

“Salat dzuhur tadi sudah disiapkan sesuai protokol kesehatan, makanan dan minuman juga sudah disiapkan. Intinya haknya sudah diberikan,” kata Yusri saat dihubungi wartawan, Sabtu (12/12/2020).

Menurut Yusri, Habib Rizieq Shihab juga telah didampingi oleh pengacara saat menjalani pemeriksaan di Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Dari foto yang diterima detikcom, terlihat Munarman dan Aziz Yanuar turut mendampingi pimpinan FPI tersebut saat diperiksa.

Yusri menambahkan, pihaknya memastikan seluruh hak tersangka dari Habib Rizieq Shihab telah dipenuhi oleh kepolisian.

“Pengacara juga sudah mendampingi. Intinya hak-haknya tadi sudah diberikan dia makan, minum, salat sudah kita berikan,” ujar Yusri.

Diketahui, Habib Rizieq Shihab telah tiba di Polda Metro Jaya pada pukul 10.24 WIB. Pimpinan FPI tersebut datang ditemani oleh sejumlah rombongan, salah satunya Sekertaris Umum FPI, Munarman.

Usai tiba di Polda Metro Jaya, Habib Rizieq Shihab kemudian menjalani swab test antigen sesuai prosedur pemeriksaan polisi selama pandemi virus Corona. Hasilnya, Habib Rizieq Shihab dinyatakan negatif.

“Prosesnya, setelah di-swab, setelah itu diberikan surat perintah penangkapan. Kemudian dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi wartawan, Sabtu (12/12).

Polisi menegaskan kedatangan pimpinan FPI tersebut dalam rangka menyerahkan diri. Polisi memastikan tidak ada agenda pemanggilan yang dilayangkan kembali penyidik kepada Habib Rizieq Shihab usai sebelumnya telah dua kali mangkir dari jadwal pemanggilan polisi.

Setibanya di Polda Metro Jaya, Habib Rizieq sempat memberikan sedikit pernyataan. Ia mengaku siap menjalani pemeriksaan.

“Saya bisa hadir di Polda Metro Jaya untuk mengikuti pemeriksaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Habib Rizieq saat tiba di Polda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (12/12).

Tidak ada persiapan yang dilakukan Habib Rizieq untuk pemeriksaan ini. Dia mengaku dalam keadaan sehat dan akan menjawab semua pertanyaan penyidik.

“Persiapan tidak ada, kita jawab, kita selesaikan. Saya Alhamdulillah selalu sehat walafiat,” kata dia.

Sumber:detik.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here