D’Rooftalk Malam Ini Membahas Tewasnya 6 Laskar FPI Pengawal Habib Rizieq Syihab

0
153

 

Bukatutup.net-Kasus tewasnya 6 laskar Front Pembela Islam (FPI) pengawal Habib Rizieq Syihab pada 7 Desember lalu masih menyisakan tanda tanya. Berbagai upaya pencarian fakta terhadap peristiwa yang melibatkan bentrokan antara polisi dan 6 Laskar FPI pengawal Habib Rizieq terus dilakukan.

Setelah menggelar rekonstruksi di 4 tempat, Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Listyo Sigit menyatakan hasil rekonstruksi tersebut belumlah final. Pihaknya masih membuka kemungkinan adanya informasi, saksi maupun bukti baru.

Komjen Sigit menegaskan, Bareskrim Polri selalu berusaha profesional dan transparan dalam mengusut tewasnya 6 Laskar FPI, termasuk mengundang sejumlah pihak eksternal dalam rekonstruksi. Meski hanya Komisi Kepolisian Nasional (kompolnas) yang ikut hadir, Polri telah mengundang Komnas HAM dan sejumlah lembaga lain dalam rekonstruksi tewasnya 6 Laskar FPI Rest Area KM 50, Karawang, Jawa Barat.

Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto sendiri menyatakan akan mengevaluasi dugaan pelanggaran prosedur SOP petugas kepolisian dalam insiden itu. Pasalnya, salah satu dugaan pelanggaran terjadi ketika petugas menembak mati empat Laskar FPI saat berada di dalam mobil. Keempat Laskar FPI itu ditembak setelah berupaya merebut senjata api milik polisi karena tangan mereka tidak diborgol.

Sementara Komnas HAM juga telah melakukan investigasi atas kasus ini. Komnas HAM mengaku telah melakukan pendalaman lebih awal sebelum polisi. Bahkan komisioner Komnas HAM Choirul Anam menyatakan telah menyisir area yang lebih jauh, lebih luas dari 4 titik lokasi yang direkonstruksi polisi.

Selain itu, Komnas HAM juga telah meminta keterangan kepada Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Fadil Imran dan Direktur PT Jasa Marga Subakti Syukur. Komnas HAM kemudian menargetkan hasil penelusuran kasus penembakan terhadap 6 laskar FPI pengawal Habib Rizieq bisa diungkap pada awal Januari.

Dipandu Alfito Deannova, D’Rooftalk akan mengupas lebih dalam bersama Komisioner Komnas HAM Choirul Anam, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol. Ahmad Ramadhan, Komisioner Kompolnas Yusuf Warsyim dan Pakar Hukum Pidana UI Teuku Nasrullah. Saksikan D’Rooftalk: ‘Menyoal Tewasnya 6 Laskar FPI’ hari Rabu (16/12) pukul 19:30 WIB secara livestreaming di detikcom.

(hnf/hnf)

 

Sumber:detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here